saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Thursday, 13 December 2012

Guru terbaik yang datang dari senyuman tulus anak-anak MACY


Anak-anak MACY


                Semua rasa kesal,cape,lelah,haus,lemas,marah,dan semua rasa yang negative seketika hilang,lenyap,hancur,musnah ketika kita melihat s
enyuman tulus anak-anak,tawa canda anak-anak, panggilan,teriakan dan lari-lari kecil dari kaki-kaki yang mungil ketika mereka menghampiri kami teriakan dari jauh yang sudah memanggil nama kami,suara bergemuruh dengan lantang dan semangat ketika mereka melihat sosok kami. Suara-suara yang kami mulai hafal dengan kata-kata “ka..ka..ka..ka..ka..ka..ka..ka..ibu guru..ibu dll”itulah panggilan yang sudah biasa kami dengar saat kami mendatangi mereka.

                Mereka yang selalu memberikan spirit,mereka yang selalu memberikan kami pelajaran tentang hidup sebenarnya betapa kita harus melihat kebawah,mereka yang selalu membuat kami kreatif, mereka yang selalu memberikan kami insipirasi untuk bermimpi,mereka yang selalu mengajarkan kami untuk mendengar dan melihat bahwa mereka ada! Itulah MACY…

                Macy adalah sekolah free school yang kami dirikan. Nama MACY kami ambil dari nama kami sendiri yaitu Metha,Adin,Cia dan yuwi. Macy free school terletak di kampung tagog,cileunyi, Bandung Jawa-Barat. Macy adalah sebuah sekolah gratis yang kami dirikan yang tujuan awalnya untuk anak-anak daerah setempat yang mengalami putus sekolah,anak-anak jalanan,kurang mampu. Tetapi, lama-kelamaan siapa pun yang ingin bergabung disini silahkan. Sekolah MACY ini diadakan setiap hari minggu, dari jam 10 pagi hingga jam 12 siang. Sekolahnya bertempat di musholla maka dari itu sebelum zuhur kami sudah harus selesai.Motto Macy free school ini adalah bermain sambil belajar.

                Anak-anak murid yang bersekolah disini antara dari belum sekolah atau 5th-16th. Awalnya yang bersekolah di sini berjumlah 20 orang tapi lama-kelamaan menjadi 60 orang. Maka dari itu dengan umur dan jumlah murid yang semakin banyak kami membagi menjadi 4 kelas yaitu kelas tk,sd,smp dan sma. Pelajaran yang kami ajarkan di sekolah MACY ini ada dua yaitu formal dan informal. pelajaran formal adalah matematika,bahasa Indonesia,bahasa Inggris, IPA,IPS. Sedangkan pelajaran informal yaitu bernyanyi,menggambar,bermain,bercerita,drama,musik,menari,menyanyi dll.






                Sekolah MACY ini berjalan selama setahun lebih tetapi sekarang karena kesibukan kami akhirnya dengan sangat terpaksa sekolah ini berhenti. Sebenarnya ini adalah sebuah gerakan kebanggaan kami,dimana kami dapat membantu orang lain khususnya anak-anak yang memang membutuhkan. Anak-anak di MACY ini tidak semuanya sempurna karena ada beberapa yang memiliki keterbatasan fisik walaupun demikian mereka sangat antusias untuk datang ke sekolah kami. Sekolah kami ini memiliki 4 tenaga pengajar yaitu kami sendiri tapi, tidak jarang kami juga dibantu oleh kakak-kakak senior kami. Kami juga sempat mementaskan drama,tari dan musik sekolah kami dan respon dari masyarakat sekitar sangat bagus.
                Oh iya banyak sekali pengalaman,dan pelajaran berharga yang kami dapatkan. Yaitu kami harus memahami betapa dunia anak-anak itu sangat sulit apalagi yang kami ajarkan ini anak-anak yang memiliki latar belakang yang sangat tidak biasa. Ada yang sudah kelas 1 smp tetapi dia tidak lancar membaca,dan dia merasa malu karena sering di olok-olok oleh temannya akhirnya putus sekolah, ada anak-anak jalanan yang sudah kenal genk motor,dengan mereka yang sudah mulai mencoba merokok padahal usia mereka masih sangat dini, ada anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik, kami yang pada awalnya tidak bisa menggunakan bahasa isyarat dan kami harus mempelajari itu, yang mereka malu dengan keterbatasan fisik mereka dan teman-temannya yang kadang-kadang mengolok-oloknya sehingga kami harus membuat semangat dan rasa percaya diri mereka balik lagi. Dan kami pun sangat amat berfikir keras untuk bagaimana cara kami membuat suasana belajar itu bener-bener fun karena anak-anak itu sangat mudah bosan,membuat mereka tertib dengan jumlah 60 murid dan itu campur dengan berbagai umur. Dan kami membuat berbagai macam games sederhana dan yang membuat kami senang kami berhasil karena mereka tidak pernah bosan dan mereka sangat antusias. Kami mengajarkan mereka menggambar sesuai dengan imajinasi mereka,kami bernyanyi menyanyikan lagi lagu anak-anak yang memang seharusnya lagu anak-anak itu yang mereka nyanyikan bukan lagu orang dewasa yang mereka tidak tahu artinya. Sungguh ironis karena sebagian dari mereka tidak tau lagu anak-anak, yang mereka tau malah lagu wali,kangen band,ungu,st12,keong racun,cinta satu malam dll.







                Dengan permasalahan yang kompleks yang kami hadapi,kami semua pun menjadi belajar. Dan anak-anak Macy walaupun demikian mereka sangat pintar mengaji.  Dengan segala kekurangan dan kelebihan mereka, itu menjadi keunikan tersendiri bagi kami yang tidak pernah kami temui di tempat lain. Kami menjadi sangat kreatif,kami jadi mengerti anak-anak dan pengalaman ini berguna pada saat kami semua KKN dan menjadi guru di sekolah yang ajar, kami dengan mudah menyatu dengan anak-anak,memahami karakter mereka dan proses kami menjadi guru saat KKN itu pun sukses.






                Itulah sedikit cerita tentang sekolah kami,tentang anak macy dengan segala kepolosan mereka,mereka selalu membuat kami kangen dan rasa lelah pun terbayar, lenyap,hilang hanya dengan melihat senyum tulus mereka,tatapan wajah bahagia mereka,mengajar mereka,dekat dengan mereka,berbagi dengan mereka,tertawa bersama meraka. Mereka adalah obat bagi kami,pengalaman kami,bahkan guru kami. Sejujurnya kami sangat amat kangen,rindu dengan mereka. Sekali lagi itulah anak-anak MACY yang memiliki keunikan tersendiri dibalik wajah polos dan segala latar belakang mereka. Dan siapapun yang sudah pernah ikut mengajar dengan kami pasti akan selalu rindu dengan mereka,karena mereka semua sosok yang hangat yang memberikan kebahagian buat kami semua.
Oh iya kami lupa,kami memiliki lagu atau mars macy dengan lirik berikut
Di hari minggu ini kita bermain bersama
Mewarnai dunia dengan tawa ceria
Anak MACY HAHAHA
Anak MACY HIHIHI
Anak MACY ceria
Anak MACY HAHAHA
Anak MACY HIHIHI
Kita semua bahagia….

I LOVE U MACY, I MISS U SO MUCH…