saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Saturday, 11 May 2013

Jalan – jalan ke Unpad Jatinangor yuk.. :)


Gerbang Unpad






Aku adalah seorang mahasiswi di salah satu Universitas ternama di Jawa barat. Kampus ku adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD). Kali ini, aku akan sedikit menggambarkan suasana dan seluk beluk unpad Jatinangor kepada kalian.
Unpad yang merupakan singkatan dari Universitas Padjadjaran, merupakan perguruan tinggi negeri favorit di Jawa Barat. Unpad sendiri memiliki 16 Fakultas, yaitu fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Psikologi, Ilmu Keperawatan, Mipa (Matematika dan ilmu alam), Farmasi, Teknik Geologi, Teknik Industri Pertanian, Pertanian, Perternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ilmu Budaya, Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, serta fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Gedung Rektorat
Unpad memiliki dua kampus utama, yang pertama tempatnya di Dipati Ukur, Bandung, dan yang kedua berada di Jatinangor, Sumedang. Kampus yang pertama dan terletak di Bandung terdapat 2 fakultas, yaitu fakultas Ekonomi dan Hukum. Sedangkan 14 fakultas lain terdapat di Kampus Unpad Jatinangor. Di Jatinangor juga terdapat beberapa kampus seperti IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) dan IKOPIN (Institut Koperasi Indonesia), ditambah lagi saat ini di Jatinangor juga sedang di bangun kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) menambah kentalnya atmosfer kawasan pendidikan di daerah ini. Udaranya disini masih terasa sejuk karena lokasinya yang tepat berada di kaki gunung Manglayang.
Lapangan Bola Unpad
Kembali lagi ke Unpad, di kampus Unpad Jatinangor ini terdapat beberapa fasilitas yang tersedia yang diperuntukkan untuk para mahasiswa seperti asrama Padjadjaran untuk mahasiswa lokal, bale Padjadjaran yang merupakan asrama untuk mahasiswa asing. Terdapat juga Masjid raya Unpad yang bernama Ibnu Sina, gedung serba guna dan gedung olahraga yang bernama Balai Santika Waras Tanginas Bineka yang salah satunya digunakan sebagai tempat pelaksanaan PORSENI (Pekan Olah Raga dan Kesenian) dan juga digunakan sebagai tempat penerimaan mahasiswa baru. Terdapat juga Klinik Padjadjaran, untuk para mahasiswa maupun umum yang ingin berobat jikalau mereka sakit. Fasilitas lainnya adalah ATM dan Bank Center, serta kendaraan angkutan gratis di kawasan dalam Unpad untuk mahasiswa dan umum.
Bale Santika
 Di kampus Jatinangor banyak sekali ukm- ukm mahasiswa ada di bagian barat dan timur.
Satu hal yang paling aku sukai ketika ke kampus menggunakan motor, untuk memasuki kawasan Unpad, bagi yang menggunakan kendaraan pribadi (motor atau mobil), harus melewati jalanan yang biasa ku sebut jalanan puncak, karena sepanjang jalan itu udaranya sejuk serta banyak pohon-pohon yang menghiasi sisi-sisi jalannya. Enaknya kuliah di kampus Unpad Jatinangor, kami jarang sekali menghadapi macet, ya kalau macet biasanya hanya saat- saat tertentu seperti mahasiswa IPDN yang sedang wisuda, ataupun karena terjadi kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan menuju sumedang. Saat waktu menjelang sore hari, kita bisa jalan-jalan di pinggir jalan sambil berwisata kuliner makanan-makanan ringan yang beragam jenis dan rasa. Berjalan-jalan pun terasa menyenangkan disini karena suasananya yang nyaman tidak seramai kota-kota besar.
Tetapi di satu sisi, karna jalan raya Jatinangor (yang menghubungkan Jatinangor dengan Sumedang) sering kali digunakan sebagai jalan alternatif truk-truk container, dan terdapat beberapa spot jalanan berlubang. Hal demikian yang sangat disayangkan bagi pengguna jalan lainnya. L
Angkot Gratis Unpad
Banyaknya universitas-universitas di kawasan Jatinangor tentu saja membawa dampak positif dan negatif untuk perkembangan daerah ini. Positifnya tentu saja daerah ini menjadi ramai, banyak kost-kostn, banyak warga yang berjualan dan membuka usaha, banyak warga yang menggantungkan hidup di daerah ini, dan secara otomatis meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal. Selain itu, karena tempatnya yang strategis, daerah ini pun tak luput dari hadirnya mall atau pusat perbelanjaan, yup, disini ada mall dan satu-satunya mall yang aktif di daerah Jatinangor. Mall ini pun biasa di jadikan tongkrongan buat mahasiswa dan umum, mall tersebut bernama JATOS (Jatinangor Town Square). Wajah Jatos pun berubah jadi semakin modern, perkembangan bisnis pusat perbelanjaan ini terasa semakin pesat karena lokasinya yang strategis tersebut. Mulai menjamurnya restoran dan kios-kios pakaian disini ditambah hadirnya bioskop (satu-satunya) bagi masyarakat yang ingin menyaksikan film-film favorit di layar lebar. Tentu saja Jatos merupakan tempat tujuan utama baik mahasiswa ataupun masyarakat yang ingin berbelanja,shoping, atau sekedar ingin menghibur diri melepas penat. Kehadiran Jatos pun memberikan dampak bagi pebisnis-pebisnis yang termotivasi untuk mencoba mengadu keberuntungan di Jatinangor. Munculnya cafe-cafe seperti Che.co, Ngeumong, Lummiere coffee dan lainnya yang dibangun di dekat kawasan Jatos memberikan kesan lokasi eksklusif di sana yang dijadikan tempat nongkrong “anak gaul” nya Jatinangor.
JATOS
ATM Center
Untuk biaya hidup di sini, masih terbilang lumayan murah tetapi ya tetap tergantung tiap orang masing-masing. Untuk tarif angkot sekitar Jatinangor yaitu Rp.1000, dari Cileunyi- Jatinangor Rp.2000, untuk makan pun harga beragam, mulai dari Rp.5000, makanan disini pun lumayan enak-enak. Pokoknya kalo bagi aku betah deh tinggal disini dari pada di Jakarta. Oh iya, untuk kost-an disini sudah sangat beragam mulai 1,5 juta per tahun sampai belasan bahkan puluhan juta. Daerah-daerah kost-an di Jatinangor yaitu Mawar tepat di belakang Unpad, sesak dan berlorong-lorong, Ciseke dekat dengan kampus, bisa jalan kaki juga menuju kampus, kawasan yang ramai dan banyak sekali kostan. Hegarmanah, Sukwening, Cisaladah,  Cikuda, Jatiroke, Sayang, Caringin, GKPN dan Cibeusi. Di Jatinangor jarang ada kostn yang per bulan, kalaupun ada kostnnya terletak agak sedikit jauh dari kampus. Fasilitas kost-an pun beragam mulai kamar mandi luar, hingga kamar mandi dalam, lemari, kasur, water hitter, ac, closet duduk, dll. Untuk kalian yang tinggal di Bandung atau Cimahi, ada bis untuk menuju Jatinangor yaitu Damri (Bandung dan sekitar), Eksplore (Cimahi), selain itu di sini juga banyak tersedia jasa travel yang melayani perjalanan ke Bandung hingga jam malam yaitu jam 10 malam, karena jam bis Damri hanya sampai jam 6 sore.
Pangkalan DAMRI
Oh iya sekedar info, jika kalian nanti kuliah di sini, kalian akan jauh dari rumah maka berhati-hati lah dalam pergaulan dan pilih-pilih teman yang baik jangan sampai kalian terbawa arus pergaulan yang tak baik.
Selamat datang di Kampus Unpad Jatinangor :)