saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Wednesday, 6 November 2013

10 Tempat Makan Bubur Terenak di Yogyakarta

bubur ayam

                Kehangatan udara yang khas, keramahtamahan sikap penduduknya, membuat selalu rindu dan ingin datang kembali ke kota yang satu ini. Yogyakarta, ya sepertinya tak pernah ada kata “habis” untuk menceritakan kota ini. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya ini selalu menyimpan sejuta pesona. Kombinasi yang unik antara candi-candi kuno, sejarah, tradisi, seni, budaya, kuliner dan kekuatan alamnya, menjadikan Yogyakarta sangat layak untuk di kunjungi. Pesona kultur nya yang begitu kuat seakan menarik para wisatawan untuk kembali menjelajahi kota ini. Lihat saja Prambanan, Borobudur, Istana Keraton, Parang teritis dan Malioboro yang merupakan landmark dari kota Yogyakarta. Maka dari itu, tepat sekali  jika menjadikan kota ini menjadi  salah satu destinasi favorite bagi para traveler, baik traveler domestic maupun mancanegara.
                Tak lengkap rasanya apabila kita tidak berwisata kuliner di daerah ini, selama ini kita lebih mengenal Gudeg dan makanan-makanan kedai Angkringan sebagai makanan khas Jogja, tetapi masih banyak tempat kuliner di Jogja yang bisa memuaskan perut para pelancong yang mampir ke Jogja, contohnya seperti bubur. Berikut  ini adalah ulasan 10 tempat makan bubur terenak di Yogyakarta, yang dapat dijadikan referensi untuk berwisata kuliner di kota ini:
1.     
  Bubur Ayam SYARIFAH
                 Jl. Taman siswa, tepatnya di selatan salon Hanna sekitar 100m atau utara neutron college. Bubur Syarifah dapat dikatakan salah satu bubur favorite dan wajib banget untuk di coba saat anda ke Jogja. Yang spesial, bubur ayam ini ditambah dengan suwiran ayam, cakue, daun seledri dan juga krupuk kecil dan emping ini sangat nikmat saat dimakan panas/ hangat. Tambahkan kecap manis/ asin menurut selera Anda. Tersedia juga lauk lainnya sate hati, usus & jeroan. Dengan uang 6000 rupiah saja kita sudah bisa mengisi perut dengan bubur enak ini. selain itu lokasinya juga bersih dan nyaman buat tempat ngumpul. kalian juga bisa menonton berita sambil menyantap bubur yang hangat karena di sini tersedia televisi. Bubur ayam Syarifah saat ini telah memiliki 9 cabang, dan jam operasionalnya tergantung cabang masing-masing. untuk cabang di Jl. Taman siswa buka dari jam 06:00-11:00. Jika ingin mencicipi bubur yang satu ini usahakan jangan datang terlalu siang, karena terlambat sedikit saja bubur ini sudah kehabisan.

2.       Bubur MAK NYUS
                Jl. Kaliurang Km 8 (depan PLN) telepon (0274) 7181775, Yogyakarta. bubur maknyus buka sejak jam 06 pagi. Harganya pun terjangkau yaitu 5000 rupiah, sebenarnya kompsisi dari bubur ini hampir sama dengan bubur pada umumnya namun yang membuat uniknya adalah bubur ini disiram dengan kuah gudeg sehingga bubur ini disebut juga bubur gudeg. Ditambahkan dengan segelas teh hangat 1500 semakin menambah nikmatnya bubur maknyus. Penasaran dengan bubur gudeg??? Silahkan datang ke bubur maknyus.

3.       Bubur WARUNG BUDHE "Khas Jakarta”
                Bagi anda pecinta bubur sepertinya sangat wajib untuk mencicipi bubur yang satu ini. katanya bubur ini sangat enak dan dapat menggoyangkan lidah anda. Bubur ini memiliki 4 macam yaitu bubur ayam keju, bubur ayam kornet keju, bubur ayam ati ampela, dan bubur ayam special. Jangan khawatir, bubur ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam dan harganya pun terjangkau hanya 8000 rupiah saja. Yang membuat Bubur ini lain dari yang lain adalah bubur ini tidak pake kuah. Jadi rasanya sudah gurih dan mantap, tapi sama sekali tidak ada campuran santannya. Porsinya juga sangat pas, cocok juga bagi anda yang sedang diet. Bag anda yang ingin mencicipi bubur ini, bisa datang ke Jln. Kaliurang KM. 9,3 tepatnya dekat lampu merah 'MERAPI VIEW' (setelah game online 'NOL') dari selatan kanan jalan.

4.       Bubur ayam khas Jakarta pangestu
                 Salah satu alternatif sarapan pagi di Jalan Pandega Marta Raya daerah pogung, sejalan sm SS pogung, sm martabak UFO pogung. Bubur ayam khas Jakarta, mirip seperti Syarifah dll. Yang sedikit unik adalah Bubur Pangestu ini diberi topping kacang dan kerupuk, yang banyak sekali. Harganya Rp 5.000/porsi dan buka mulai pagi hari sekitar pukul 06.00 sampai sekitar pukul 10.00, tapi Bubur ayam Pangestu suka bikin selera hilang gara2 di belakang tendanya ada kandang ayam, jadi baunya menyebar ke tempat pelanggan makan. Tips  bagi yang memilih makan di situ, pilihlah tempat duduk paling dekat ke jalan, biar baunya tidak terlalu tercium.


5.       d'Buburz
Tempat makan bubur yang memiliki nama unik ini memiliki 2 cabang yaitu:
d'Buburz 1 (jl.Seturan selatan STIE YKPN halaman Forza Futsal)
d'Buburz 2 (jl.Perumnas Seturan 123 Cafe Capricio selatan barat UPN veteran Yk)
. Disini juga memiliki 4 macam bubur yaitu Bubur Kari(Pertama Kali di Jogja!),Bubur Opor(nendang abis),Bubur Kremes(krenyes krenyes) dan (Bubur Ayam khas Jakarta(mantap). Warung ini buka jam 06.00-11.00 tiap hari kecuali Jum'at.ada fasilitas hotspotnya (khusus d'Buburz 2).harganya pun murah mulai dari Rp.4500.dijamin ketagihan sesuai kayak slogan-nya "belum pernah bubur selezat ini".

6.       Bubur Ayam Mang H. Oyo tea
Bubur yang berada di Jln. Godean Km 5 Modinan (Timur Markas Kompi Senapan) Demak Ijo,
salah satu bubur terenak di Jogjakarta. Buryam Mang Oyo kental, gurih dan mengenyangkan. Makan jam 7 pagi, ditanggung masih kenyang sampai jam makan siang. Tempatnya bersih dan nyaman karena bubur mang Oyo berada di kios. Aslinya bubur ayam ini tidak berkuah namun disiapkan kuah kaldu ayam yang khas. Buryamnya minim MSG kuahnya diolah menggunakan sumsum dan tulang ayam. Kecap asin, sambal adalah racikan sendiri dan tanpa pengawet. Krupuknya juga khusus didatangkan dari Bandung biar sesuai dengan Buryam aslinya di Bandung. Bubur ayam biasa  hanya 5000 rupiah, dan yang komplit hanya 7000 rupiah. Wah sangat menyehatkan bukan, tertarik untuk mencobanya? Silahkan datang ke Bubur ayam Mang Oyo.

7.       Bubur Ayam Twister
                Jika ingin mencicipi bubur murah dan enak coba lah mampir ke resto “twister” di jalan soepadi 3 kota baru Jogja, telepon 0274 7435182 , 0888 697 466
Bubur ini sangat gurih dan penuh bumbu, harganya juga pas sekali dengan kantong mahasiswa hanya 4500 rupiah sudah dapat mengisi perut anda yang lapar. Buburnya juga dilengkapi oleh pangsit goring, tapi sayangnya ayam-ayamnya sangat kecil dan sedikit. Selain itu, kita jug adapt menikmati beberapa jenis makanan yang enak. Ada Mie ayam komplit, ayam bakar utuh ala twister, aneka Dim Soem , aneka Bakmi, udang dan nasi. tempatnya sangat nyaman, kita juga dapat menonton TV berbayar. Resto ini tutup jam 3 sore lalu buka kembali sore sampai dengan jam 9 malam.

8.       Bubur ayam Bandung
                Jangan sampai kamu melewatkan bubur yang satu ini, sekali coba pasti langsung suka. Apalagi bagi anda yang berasal dari bandung, bubur ayam nya bisa menjadi salah satu alternative untuk memanjakan lidah anda yang rindu akan bandung. Bubur yang terletak di Jalan Gejayan,selatan pempek Ny.Kamto ternyata tak hanya menjual bubur saja. Tetapi, ada beberapa menu lain yang di jual disini yaitu yang lotek,gado-gado, bajigur, roti bakar dan pop ice. Buburnya yang selalu fresh n panas setiap saat. Tokonya sendiri buka dari jam 07.00 - 22.00. Bubur ayam special harganya  8000 rupiah dengan isi ayam,kripik usus n kulit,ati ampela juga. Wajib di coba!

9.       Bubur ayam depan Harrisma
                Mencari sarapan di sekitar jalan Simanjutak?? Coba saja cicipi bubur ayam depan toko komputer Harrisma. Bubur yang di jual disini adalah bubur khas Jakarta, seperti yang telah di ketahui bubur khas Jakarta telah menjadi bubur favorite di Jogjakarta. Harganya yang sangat murah menjadikan bubur ayam ini demakin di gemari hanya perlu mengocek 3500 rupiah saja, anda sudah bisa mencicipi bubur hangat ini. lokasi bubur ayam depan Harrisma tepatnya di jalan Tegalmulyo, Jogjakarta. Bubur ayam ini buka dari jam 06:00-10:00. Sangat cocok sekali bagi anda yang sedang mencari sarapan.

10. Bubur ayam Kafe Biru
 Jl. Bhayangkara (Depan Gereja Kristen Indonesia), merupakan lokasi terakhir dalam perburuan bubur di kota Yogyakarta. Bubur ayamnya disini memang terkenal kelezatannya. Harganya pun terbilang murah, hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp.3500, dan Rp.5000 jika ingin tambahan telor iris, anda sudah dapat menikmati  bubur kafe biru ini per mangkoknya. Selain bubur, tempat ini pun menyajikan menu lain, yaitu dim-sum. Jadi, tak perlu khawatir jika ingin mencai sarapan atau sekedar kudapan bagi anda yang berada di sekitaran jl.Bhayangkara.


* Dari berbagai sumber