saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Thursday, 9 May 2013

Tiket mudik lebaran kereta api hampir habis!!


Tiket Mudik telah habis



Mudik atau pulang ke kampung halaman saat Idul Fitri merupakan suatu kegiatan tahunan yang selalu terjadi di masyarakat Indonesia. Kegiatan mudik ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menggunakan pesawat, kapal laut, bis, kendaraan pribadi, motor dan pastinya kereta api juga. Mudik menggunakan kereta api adalah salah satu pilihan transportasi yang setiap tahunnya mengangkut penumpang dengan jumlah terbanyak. Hal itu dikarenakan tarif kereta api yang murah di banding dengan alat transportasi lain, merakyat, cepat karena punya jalur sendiri dan berbagai alasan lainnya.
Akhirnya dapat tiket juga... :)
Tapi tahukah anda, sistem pembelian tiket kereta api sekarang agak terkesan ribet dan sedikit menyulitkan dibandingkan dengan sistem yang lama. Karena saat ini, ( terhitung sejak Januari 2013 ) pengguna jasa keret api tidak dapat lagi membeli tiket kereta secara langsung pada hari keberangkatan, kini pembelian tiket kereta api dilakukan melalui pemesanan terlebih dahulu. Pemesanan tiket kereta api dilakukan minimal seminggu sebelum perjalanan dan maksimal 90 hari. Pemesanan tersebut dapat di lakukan via online, melalui telepon ke costumer service 121/021-121, mini market (alfa dan indomart), kantor pos, ataupun bisa datang ke stasiun pemberangkatan awal.
Customer Service
Dengan peraturan pemesanan tiket yang dapat dilakukan dengan maksimal 90 hari (kurang lebih 3 bulan) sebelum keberangkatan, saat ini pemesanan tiket kereta api untuk libur lebaran/ mudik sudah dapat di lakukan. Bahkan tiket ekonomi, untuk kereta api Pasundan, Kahuripan, dan Kutojaya Selatan telah habis untuk tanggal keberangkatan 3 - 7 agustus 2013. Sedangkan untuk daerah tujuan Solo, Malang, Semarang dan Yogyakarta kuota kursi penumpang saat ini sudah hampir habis. Yang tersisa saat ini hanya kursi penumpang kereta api untuk kelas bisnis dan eksekutif, tetapi itupun sepertinya akan habis terjual dalam waktu 1 sampai 2 bulan kedepan ( perkiraan penulis J ). Tetapi kemungkinan besar pihak kereta api tentunya akan berusaha menambah armadanya untuk menanggulangi armada yang telah habis pada musim libur seperti Lebaran tersebut, tetapi tentu saja butuh perjuangan untuk mendapat bangku kosong dan  kita tidak berharap terlalu banyak akan hal tersebut.
Hal lainnya, Sistem pemesanan tiket kereta api tersebut hampir kebanyakan dilakukan via online atau melalui  internet, karena pemesanan online tersebut lebih memungkinkan pengguna kereta api untuk melakukan pemesanan dimana saja dan kapan saja, dan secara otomatis kuota kursi penumpang akan lebih cepat terisi oleh pemesan via online. Tetapi hal ini tentu dirasa sangat merugikan pengguna jasa kereta api yang khususnya masyarakat menengah ke bawah, kalangan lanjut usia dan yang belum mengerti cara pengoperasian internet.
atau datang langsung ke stasiun
Menurut saya pihak kereta api tidak harus sepenuhnya memberlakukan sistem pembelian tiket seperti ini, karena sistem ini tidak di informasikan dan di beritakan via televisi, radio, dan media media lain yang tentu saja itu merupakan sumber informasi  utama masyarakat. Saya pun sebagai orang awam, mengetahui informasi ini melalui akun resmi jejaring sosial@KAI121 untuk Twitter, dan pages fb PT.KAIuntuk Facebook). Tidak sepenuhnya masyarakat mengetahui akan internet. Dan saya yakin, jika hal ini tidak di tanggulangi, pasti akan terjadi kericuhan terhadap masalah ketersediaan armada untuk musim libur nanti.
Sedikit info untuk kalian yang ingin melakukan mudik pada lebaran nanti, ayo segera melakukan pemesanan tiket kereta api, oh iya sekedar info untuk yang ingin melakukan panggilan ke costumer service, ( 121/021-121 ) saat ini hal tersebut tidak begitu efektif karena banyaknya masyarakat yang melakukan panggilan ke nomor tersebut. Untuk pemesanan tiket via online dapat dilakukan langsung melalui website http://www.tiketkai.com, untuk mengetahui tiket-tiket promo atau ekonomi langsung masuk ke alamat http://www.tiket.com/kereta-api. Satu lagi, penting untuk diingat bahwa terhitung mulai tanggal 1 april 2013, jadwal serta harga tiket berubah. Kereta ekonomi seperti Pasundan, kahuripan dan lainnya sudah di rubah menjadi ekonomi ac dari harga semula Rp.38.000 (ekonomi) kini menjadi Rp. 100.000 (ekonomi ac). Tetapi untuk perjalanan dengan tujuan jawa tengah, kereta api ekonomi biasa masih memiliki armada yang tersedia, tetapi hanya melayani sampai stasiun Kutoarjo dengan kereta Kutojaya selatan dengan tarif 20.000.
Semoga info ini bermanfaat, dan selamat melakukan perjalanan :D