saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Sunday, 21 April 2013

Mau ongkos pulang murah dari Jatinangor ke Jakarta hanya dengan DUA BELAS RIBU RUPIAH???




                Semua ini berawal dari next trip yulutrip ke Baduy buat tanggal 17 januari 2013. Karena konsep yang kami usung ini adalah cheap trip, maka dari itu gue yang rumahnya berada di Jakarta, dan sekarang gue lagi di Jatinangor, gue coba-coba buat survey jalan pake kereta ekonomi dari Jatinangor ke Jakarta (sekalian pulang dulu ke rumah.. hehe). Gue berangkat duluan, lalu disusul oleh 2 orang temen gue yang berangkat hari besok nya.
                Jujur ini adalah pengalaman pertama gue, soalnya gue ga pernah naik kereta  jauh, sendirian dan pake ekonomi pula. Makanya  gue nanya ke temen gue Om Eka (dia adalah orang yang tau segalanya tentang perkertaapian) tentang rute-rute atau apapun itu supaya gue bisa sampe Jakarta dengan lancar . Pokoknya bagi gue, dia itu GPS berjalan lah. Malam harinya, sebelum hari keberangkatan gue dikasih tau bahwa kereta yang berangkat dari stasiun Rancaekek itu jam steady nya jam setengah 7 pagi. Esok harinya gue yang dianter temen gue ke stasiun, kami berangkat jam 6 lewat dan ternyata kami sampai di stasiun pas banget jam setengah 7 dan kereta udh berbunyi mau berangkat. Gue yang saat itu panik dan takut ketinggalan kereta langsung ngasal beli tiket yang gue juga ga tau tujuannya kemana, soalnya kan kalau mau ke Jakarta keretanya harus ngeteng. Yaudah akhirnya gw beli aja tuh tiket. Gue siapin uang 4 ribu, eh ternyata harga tiketnya 10 ribu.. Mahal amat!!
ini dia GPS berjalan gue, om ekaaa
                Hal yang kalian sudah tebak dari tadi bener...  ternyata gue salah naik kereta! Kereta ini ternyata malah kereta KRD Patas (Ac-Ekonomi) jurusan Bandung. Padahal gue incer naik kereta ekonomi yang harganya Cuma 1000. Jam setengah 8 gue sampai di Bandung, setelah gue nanya-nanya ke satpam, akhirnya gue beli tiket ekonomi ke Purwakarta 3500 dan gue berangkat jam 9.
                Kerata mulai melaju dengan kencang,  gue satu tempat duduk dengan bapak- bapak seorang buruh yang baik banget, kita ngobrol banyak hal selama perjalanan. Ga terasa udah sampai di Purwakarta jam 11.25, telat 25 menit dari yang dijadwalkan.  Akhirnya gue turun bareng sama tuh bapak, eh pas turun dia ngasih gue duit gocap, entah karena kasian atau apa, tapi akhirnya gue tolak karena ga enak (sayang juga ya tapi L).  Kereta dari Purwakarta-Jakarta berangkat  jam 12.05, masih ada sekitar satu jam lagi, akhirnya gue cari makan dulu di warteg sekitar stasiun, gue makan abis kira-kira 9 ribu. Setelah makan gue balik lagi ke stasiun dan langsung beli tiket ke Jakarta yang emang keretanya udah ada.
pemberhentian di stasiun pertama

                Awal perjalanan sih mulus, tetapi setelah lewat stasiun Karawang  gue udh mulai khawatir, gue bingung mau turun dimana, karena rumah gue deket stasiun pondok ranji. Akhirnya gue bbm an terus sama GPS berjalan gue, nah emang dasar guenya bebel, pas sampai di stasiun bekasi gue tanya ke ibu-ibu, “bu, ini lewat stasiun manggarai ga?’’ trus tiba tiba muncul tukang asongan yang dengan sotoy nya memotong omongan gue ke ibu-ibu itu dan bilang “ga lewat, kalau mau turun disini aja” dan begonya gue pun nurut apa kata asongan tadi. Ternyata tuh kereta emang bener lewat stasiun manggarai, yaudah alhasil gue harus beli tiket lagi deh. Bekasi-manggarai Rp 1500 dengan uang gue yang tinggal goceng dan gue pun harus nunggu 1,5 jam sampai keretanya muncul.
tiket lokal Cibatu-Purwakarta cuma 3500 loh!!
                Perjalanan mulus menuju manggarai, tetapi disini nih masalah besarnya. Gue naik kereta dari bekasi jam 15:00, gue sampai di manggarai jam 15:45. Gue udah nunggu antri lumayan lama dan akhirnya pas giliran gue bilang mau beli tiket ekonomi ke serpong, katanya ada ntar sore jam setengah lima, gue pun lega dan gue masih harus nunggu 45 menit sambil nunggu gue ngobrol-ngobrol sama mba-mba yang berdiri di sebelah gue, tetapi setelah gue nunggu-nunggu lama gue tanya lagi ke bagian tiket, katanya kereta ekonomi udah ga ada, baru ada jam 10 malem kalo sekarang adanya yang commuter line dengan harga 8000, duit dari mana gue???? Sisa duit gue tinggal Rp.3900, seketika badan gue lemes, pusing dan jujur gue pengen nangis. Gue pun coba telepon ke cowo gue, tapi dia ada di rumah saudaranya dan itu jauh dari manggarai. Akhirnya gue dengan nekatnya gue beraniin diri buat minta tambahin beli ongkos ke mba-mba yang berdiri di sebelah gue tadi, setelah ngobrol dan cerita panjang lebar, emang dasar tuh mba-mba baik atau lebih tepatnya kasian kali ya sama gue,  akhirnya dia dengan ikhlas dan redo mau nambahin beli tiket.  Asiiikkk akhirnya gue pun bisa pulang.
finally gue nyampe juga.
 Gue ngerasa perjalanan gue kali ini gagal. Gue pun masih harus nyoba lagi supaya bisa pulang dengan ongkos murah. Tetapi seenggaknya gue dapet info kalau kereta lokal cibatu-purwakarta itu udah ga berhenti di stasiun Rancaekek. Dan kalau kalian mau ngerasain pulang murah dari jatinangor-Jakarta hanya dengan 12000 buat kalian yang berjiwa backpacker, pertama harus naik bis dari Cileunyi-Padalarang dengan ongkos 5rb, trus naik kereta Padalarang-Purwakarta 3500, trus naik Purwakarta-Jakarta 3500. Oh iya akhir dari stasiun Jakarta adalah Jakarta kota.
dari jatinangor angkot ke stasiun hall Bandung Rp 5000
naik kereta lokal Bandung-Purwakarta Rp 3500
kereta lokal Purwakarta-Jakarta kota 3500
Selamat mencoba!!!!  
minta difotoin sama orang

suasana commuter line

ini di kantor kepala bagian stasiun