saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Wednesday, 24 April 2013

Rusia - Sebuah Negeri impian di Timur Eropa


kremlin





Bila mendengar Eropa timur, imajinasi yang terlintas pertama kali adalah dingin, kaku, tua dan membosankan. Tapi tahukah anda, bahwa di Eropa Timur terdapat sebuah negri yang indah, mewah, dengan karakter yang kuat dan khas. Jawabannya adalah Rusia. Batas-batas wilayah Rusia:
  • Berbatasan dengan Norwegi
  • Berbatasan dengan negara-negara Baltik yakni Estonia, Belarus, Ukaraina dan Lativa.
  • Laut Hitam, Georgia dan Azerbaijan.
  • Laut Kaspia, Kazakhtan, RRC, Mongolia dan Korut.
  • Samudra Pasifik utara meliputi Laut Jepang, Laut Okhotsk, dan Selat Bering (dengan pulau Big Diomede atau Ostrov Ratmanov yang memiliki jarak beberapa mil dari pulau Little Diomede, bagian dari Alaska (Amerika Serikat)
Lambang Negara Rusia
Rusia adalah negara yang luas yang membentang dari Timur Eropa hingga Utara Asia. Memiliki luas 2x dari Amerika Serikat. Rusia merupakan negara terbesar di dunia yaitu dengan luas negara 17.075400 km persegi dan jumlah penduduk 148,8 juta menjadikan Rusia menjadi negara dengan populasi terbanyak ke 5 di Dunia setelah RRC, India, Amerika Serikat dan Indonesia. Bahasa yang digunakan di Rusia adalah bahasa Rusia dengan abjad yang disebut Cirillic.
Dengan negara yang besar, Rusia memiliki sejarah serta kebudayaan yang besar pula. Rusia yang memiliki latar belakang diawali dengan penjajahan bangsa Mongol pada abad ke 13 sampai abad ke 15, bangsa Mongol yang dikalahkan oleh Dimitri Donskoy pada tahun 1380 Kemudian daerah-daerah yang tercerai berai disatukan kembali oleh Ivan IV. Pemerintahan dilanjutkan oleh penerusnya sampai masa Romanov naik tahta yang diawali dengan diangkatnya oleh Michael Romanov sebagai Tsar (1613). Dinasti Romanov berkuasa selama 304 tahun hingga tahun 1917 dengan Tsar Nikolai II sebagai tsar terakhir. Selama pemerintahan Tsar sampai saat ini, Rusia menganut agama Kristen Ortodoks, lalu Pemerintahan Revolusi Bolshevik oleh Vladimir Ilych Lenin.
Pada periode selanjutnya, pemerintahan dilanjutkan secara diktator oleh Josef Stalin(1922) yang dikenal dengan pemerintahan komunis, yang mewujudkan Uni Soveit (Soviet berarti Dewan) dengan bergabungnya negara-negara di sekitar Rusia. Pemerintahan Uni Soviet berakhir setelah tanggal 25 Des 1991 Masa pemerintahan Uni Soviet yang kejam sangat membawa dampak buruk bagi Rusia sendiri dan juga dunia, membuat beberapa rakyat Rusia menjadi tertutup dan juga beberapa pandangan orang-orang yang negativ yang masih menganggap bahwa Rusia negara komunis.
St.Basill
Dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1990, maka Rusia (dan negara CIS lainnya) berada dalam masa transisi menuju demokratisasi dan pertumbuhan ekonomi pasar yang pesat . Dalam beberapa kurun waktu terakhir terjadi berbagai perubahan dan perbedaan mencolok dalam berbagai sendi kehidupan bangsa Rusia. Mereka yang termasuk dalam golongan reformis dan pro ekonomi pasar, kerap disebut sebagai Rusia Baru dengan berbagai atribut Barat sebagai lambang status, sementara kalangan konservatif yang mayoritas (baik pro otokrasi atau komunis), terus berupaya mengembalikan kejayaan dan kebanggaan masa lalu Rusia. 
Terlepas dari sejarah Uni Soviet tersebut, kini Rusia telah bangkit dan mulai menyusun kepingan kejayaan pada masa silam. Berkembangnya Rusia ditandai dengan pesatnya pertumbuhan di sektor perindustrian dengan pendapatan PDB per kapita yang di perkirakan pada tahun 2008 sebesar $15.948, Serta negara dengan industri militer terbaik yang menjadikan Rusia sebagai salah satu negara berkembang di tanah biru dengan motivasi utama untuk mengangkat namanya menjadi negara Adikuasa seperti dahulu.
Masjid Biru
Di Rusia sendiri terdapat sekitar 130 suku bangsa dan kelompok etnis, antara lain Rusia (83%), Tartar, Ukraina, Chuvash, Yahudi, Bashkirs, Byelurussia, Moldavia, dan suku-suku serta etnis lainnya. Banyaknya suku dan etnis di Rusia disebabkan oleh luasnya Geografis wilayah Rusia dan juga menyebabkan akulturasi dan perpaduan etnis antara Eropa dan Asia seperti yang tercermin dari arsitektur bangunan-bangunan gereja Ortodoks yang telah masuk kedalam sendi-sendi kehidupan rakyat. Kebudayaan tersebut juga salah satu faktor yang menjadikan Rusia salah satu bangsa yang kaya dan unik. 
Lapangan Merah
Selain itu, besarnya bangsa juga tercermin dari kesusastraannya. Kesusastraan di Rusia sempat mengalami masa kejayaan di dunia. Banyak sastrawan besar dunia lahir di tanah Rusia, seperti Alexander Pushkin, Maxim Gorki, Leo Tolstoy, Aleksander Chekov, Nikolai Gogol, serta sastrawan yang pernah mendapat nobel yaitu Ivan Bunin dan masih banyak lagi sastrawan-sastrawan besar Rusia yang beberapa diantaranya menjadi kiblat dari kesusastraan dunia.
Dari dulu, Rusia telah berkembang pesat dibidang kesusastraan dan keseniannya. Kesenian yang terkenal hingga ke seluruh dunia adalah Balet Swan Lake oleh komposer besar Rusia Peter Chaiykovski. Kesenian di Rusia terbagi atas seni musik, seni arsitektur, seni tari, seni rupa dan lainnya. Seni musik di Rusia berkembang mulai dari tradisional sampai masa modern. Beberapa genre musik di Rusia contohnya :
  • Musik Rakyat Rusia, tokoh : Nadezhda Plevitskaya, Lidya Ruslanova, Fyodor Shalypin, dan lain-lain.
  • Musik Simfoni tokoh : Mikhail Glinka, Nikolay Rimsky-Kosarov
  • Musik Rock Rusia, merupakan jenis seni modern di Rusia.
Seni tarinya yang terkenal adalah tari Kalinka, di Rusia lukisan juga memiliki pengaruh yang begitu besar. Banyak pelukis-pelukis besar Rusia seperti Vasilievih Surikov, Vassilly Kandinsky, ilya Repin dan lainnya. Di Moskow, terdapat dua museum besar dimana terdapat hasil karya pelukis-pelukis Rusia dan juga sejarah Rusia yang tertuang dalam lukisan, museum tersebut ialah Tri Chekovskaya Galeriya dan Museum Pushkin.
            Rusia tidak menjadi negeri impian apabila tidak didukung oleh kota-kotanya yang cantik serta arsitekturnya yang indah bak negeri dongeng. Beberapa kota yang menurut saya wajib dikunjungi adalah Moskow, St. Petersburg, Nizhny Novgorod,  yekanterinburg, Kazan, Omsk, Samara, Ufa, Volgograd, Prem, Suzdal, voronezh dan lain-lain. Beberapa pilihan Universitas yang bisa menjadi referensi adalah Universitas Moskow, Universitas Pushkin, Universitas Kazan dll.

Untuk mengenal suatu bangsanya kita juga harus mengenal karakter masyrakat seta belajar bahasanya. Tertarik dengan Rusia? Mau tau lebih lanjut???Yuk simak di post selanjutnya :)

 Referensi