saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Monday, 27 May 2013

kehabisan tiket kereta untuk mudik???? Yuk, simak tips dan solusinya :D (UPDATE TERBARU)





Tidak asing lagi kereta merupakan transportasi favorit bagi kalangan masyarakat Indonesia dan backpacker. Selain kereta memiliki tarif yang murah, kereta juga menawarkan sensasi perjalanan yang tiada duanya. Perjalanan wisata terkadang sangat menyenangkan apabila dilakukan bersama teman-teman, rombongan, ataupun keluarga.
Saat berbincang-bincang dengan seorang teman yang bernama om Eka, ia memberikan beberapa info tentang Layanan perjalanan paket rombongan yang di berlakukan oleh PT.Kereta Api Indonesia mungkin dapat berguna bagi para pembaca sebagai alternatif untuk melakukan perjalanan bersama.

            Mari simak info selanjutnya!
           Perjalanan wisata merupakan hal yang dapat dilakukan sekiranya untuk menghilangkan sedikit penat akibat pekerjaan, berlibur bersama keluarga atau teman-teman, ataupun sekedar eksplorasi tempat-tempat baru untuk menikmati masa liburan. Terkadang perjalanan wisata akan sangat menyenangkan jika kita melakukannya bersama keluarga atau teman-teman secara bersama-sama, akan banyak kesan dan cerita di dalamnya. Tetapi hal tersebut juga terkadang susah untuk dilakukan jika paket perjalanan wisata yang ditawarkan terasa kurang sesuai dengan yang kita inginkan. Tetapi jangan khawatir, sebagai alternatif layanan perjalanan PT.Kereta Api Indonesia menawarkan Layanan perjalanan paket rombongan bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dalam jumlah banyak.
Berikut ketentuan yang dikeluarkan oleh PT.Kereta Api Indonesia :

  Dengan paket perjalanan dan wisata menggunakan Kereta Api anda dapat menikmati berbagai service sesuai dengan keperluan dan kepentingan anda. Kami melayani customer group untuk berbagai macam keperluan/ acara : wisata, meeting, reuni, gatering, perkawinan, ulang tahun dengan fasilitas naik kereta api, jemputan, catering, entertainment, dokumentasi, MC, guide, EO, penginapan/hotel dll.

A. ROMBONGAN

1. Permohonan :
  a. Untuk KA Non Ekonomi (Eksekutif dan Bisnis) surat permohonan diterima paling lambat 35 hari sebelum tanggal keberangkatan. Kurang dari 35 hari dilayani apabila masih memungkinkan.
  b. Untuk KA Ekonomi surat permohonan diterima paling lambat 10 hari sebelum tanggal keberangkatan. Kurang dari waktu tersebut, dilayani apabila masih memungkinkan.
 
2. Pemesanan
  a. Untuk KA non Ekonomi (Eksekutif dan Bisnis) apabila ada kepastian berangkat, pemesanan tempat dapat dilakukan pada waktu antara saat mengajukan surat permohonan sampai paling lambat 31 hari sebelum tanggal keberangkatan. Kurang dari waktu tersebut, dilayani apabila masih memungkinkan
  b. Untuk KA Ekonomi apabila ada kepastian berangkat, pemesanan tempat dapat dilakukan pada waktu mengajukan surat permohonan sampai paling lambat 8hari sebelum tanggal keberangkatan. Kurang dari waktu tersebut, dapat dilayani apabila masih memungkinkan
  c. Pemesanan dan penyelesaian pembayaran bea angkutan dilakukan paling lambat satu hari sebelum pelayanan pemesanan tempat untuk penumpang umum perorangan (bukan rombongan) dimulai (H-31). Pemesanan yang waktunya kurang dari itu dapat dilayani apabila masih memungkinkan

B. SEWA / CARTER (Menyewa / Mencarter Kereta dalam Kereta Api Biasa / Reguler)

1. Permintaan carter kereta pada kereta api biasa (regular) kelas komersial (non ekonomi) diajukan paling lambat 31 hari sebelum tanggal keberangkatan. Kurang dari waktu tersebut dapat dilayani apabila memungkinkan
2. Permintaan carter kereta pada kereta api biasa (Reguler) kelas ekonomi paling lambat satu hari sebelum pelayanan tempat bagi penumpang umum perorangan (bukan rombongan) dimulai. Kurang dari waktu tersebut dapat dilayani apabila memungkinkan
3. Permintaan untuk menyewa / mencaster kereta harus disertai uang jaminan sebesar 20% dari sewa yang kemudian diperhitungkan dengan bea yang sesungguhnya. Uang jaminan tersebut menjadi milik perusahaan, apabila dibatalkan sepihak di luar kesalahan perusahaan

C. KLB (KERETA LUAR BIASA)

Menyewa Kereta dengan Kereta Api Luar Biasa (KLB) paling lambat 20 hari sebelum jadwal keberangkatan yang diinginkan. Kurang dari waktu tersebut dapat dilayani jika memungkinkan.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat langsung menghubungi PT.Kereta Api Indonesia dengan menghubungi alamat dan lokasi terdekat dimana anda berada.

Kantor Pusat PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO)
Jl.Perintis Kemerdekaan No.1 Bandung, Telp/Fax.02-4241370.
DAOP 1 Jakarta & Sekitarnya
Jl.Taman Statsiun No.1 Jakarta (Statsiun Jakarta kota) Tlp.021-6929083
DAOP 2 Bandung & Sekitarnya
Jl.Statsiun Selatan No.25 Bandung 40181 Tlp.022-4210584
DAOP 3 cirebon & sekitarnya
Jl.Siliwangi No.82 Cirebon Tlp.0231-203222.
DAOP 4 Semarang & Sekitarnya
Jl. MH. Thamrin No.3 Semarang 50132 Tlp.024-3545382
DAOP 5 Purwokerto & Sekitarnya
Jl.Jend. Sudirman No.209 Purwokerto
DAOP 6 Yogyakarta dan Sekitarnya
Jl.Lempuyangan No.1 Yogyakarta Tlp.0274-513284
DAOP 7 Madiun & Sekitarnya
Jl.Kompol Sunarya No.14 Madiun 63122 Tlp.0351-465014
DAOP 8 Surabaya dan Sekitarnya
Jl.Gubeng Masjid Surabaya 60131 Tlp.031-5040657
DAOP 9 Jember & Sekitarnya
Jl.Dahlian No.2 Jember Tlp.0331-485988
DIRVE 1 Sumatera Utara & sekitarnya
Jl.Prof.H.M. Yamin SH. No.14 Medan
DIRVE 2 Sumatera Barat & Sekitarnya
Jl.Statsiun No.1 Padang 25127 Tlp.0751-27650
DIRVE 3 Sumatera Selatan & Sekitarnya
Jl.Jend.Achmad Yani 13 Ulu No.541, Palembang.
Sub DIRVE 3.1 Kertapati & Sekitarnya
Jl.Statsiun Kertapati, Palembang Tlp.0771-515555
Sub DIRVE 3.2 Tanjung Karang & Sekitarnya
Jl.Teuku Umar No.3 Bandar Lampung 35113T721-262878

Selebaran info hasil perbincangan dengan om Eka :)

Tetapi harap dingat juga, untuk masalah penambahan gerbong, jumlah satu gerbong kereta itu bermacam-macam, dengan maksimal  106 kursi. Jika jumlah penumpang setengah dari jumlah maksimal, dapat dilakukan penambahan gerbong, tetapi penambahan gerbong dapat dilakukan dengan beberapa syarat yaitu:

·         Tergantung ketersediaan armada.

·         Tergantung lintas, jika lintas pendek maksimal kereta mengangkut 10 gerbong, tapi jika  lintasnya panjang dan mudah kereta mengangkut maksimal 12 gerbong.

·         Hari-hari tertentu.

·         Dalam keadaan dan situasi tertentu sesuai kebijakan dari.

Pemesanan gerbong maksimal dilakukan 3 bulan dan minimal 2 minggu sebelum keberangkatan, tapi sedikit susah. Usahakan jangan tanya ke loket atau CS (rekomendasi), kalau bisa langsung datang ke stasiun besar/ kantor DAOP( Daerah Operasional)/ ke stasiun pemberangkatan awal. Lalu hubungi HUMAS untuk konfirasi penyewaan 1 gerbong atau layanan perjalanan paket rombongan tersebut, yang kemudian akan diarahkan kepada kepala stasiun, negosiasi dapat anda lakukan disana.


Cara menghitungnya adalah: Harga tiket  X Maksimum kuota 1 gerbong. Ambil contoh perjalanan ke kutoarjo menggunakan kereta Kutojaya Selatan, yaitu 20rb (dari Kiaracndong-Kutoarjo) X 106 (untuk kelas Ekonomi) = 2.120.000

*NB: Kuota maksimum kursi untuk kelas Ekonomi 106, Eksekutif 67, Bisnis 75 dan AC Ekonomi dibawah 100 kursi.









































Demikian beberapa informasi dan tips bagi anda yang akan melakukan perjalanan rombongan. Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi pihak PT.Kereta Api Indonesia

Semoga bermanfaat :D