saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Monday, 20 May 2013

Si hitam lezat dari Selatan Jawa



Hmmm.... yummy... Apa ya ini??

Hemmm... terbayang bau harumnya yang khas, dipadu dengan kuahnya yang sedikit pedas dan gurih, ditemani deru suara ombak dan angin sepoi-sepoi dan pohon kelapa yang melambai-lambai seolah-olah menarik ku untuk mendatanginya.” Lezatttttttt sekali apalagi jika ditambah dengan nasi putih hangat” begitulah kata teman-temanku untuk mendeskripsikan makanan yang satu ini. Aku hanya bisa mencoba membayangkan hidangan yang satu ini seakan dia telah tersaji di depan mataku.
jadi laper nih....
 Si hitam lezat dari selatan Jawa ini merupakan makanan khas daerah Jawa tengah, yaitu makanan khas wilayah pesisir yang menjadi salah satu makanan wajib dan harus di cicipi bagi kalian yang sedang atau yang ingin bepergian ke derah Jawa Tengah. Yup, makanan ini bernama Mangut. Bagi kalian yang berasal dari daerah Jawa Tengah, tentu saja sudah tak asing lagi atau bahkan sering menyantapnya. Mangut adalah makanan dari olahan ikan yang di bakar dan diberi kuah yang mengandung bumbu-bumbu. Rasanya, yang pasti nikmat, apalagi bagi kalian yang suka pedas makanan ini sangat cocok untuk lidah kalian.
Mangut biasanya terbuat dari ikan asap, dan karena itu kebanyakan ikan yang dijadikan masakan olahan mangut berwarna lebih hitam dari ikan biasa (ikan segar). Tapi tidak semua ikan dapat dijadikan bahan olahan Mangut lho... Jenis ikan yang telah di asap yang banyak dijadikan sebagai bahan olahan Mangut ini diantaranya adalah ikan manyung, ikan tongkol dan ikan pari. Aroma khas dari pengasapan ikan tersebut menambah cita rasa dari makanan yang satu ini. 
http://catatan-nina.blogspot.com/2012/06/mangut-ikan-tongkol.html
Mangut olahan ikan tongkol

Tapi beberapa tahun terakhir sudah banyak pembuat atau penjual mangut yang memodifikasi mangut dari ikan lele. Rasanya pun tak kalah beda dengan ikan lain. Karena mangut terbuat dari olahan ikan maka kandungan gizi yang terdapat pada Mangut pun tinggi, yaitu 25% protein, 20% lemak, Omega3, asam amino,  vit A, D, B, zat besi, dan kandungan gizi lainnya.
Aku memang belum pernah makan mangut, cuma  mendengarnya dari Edjo, temanku yang berasal dari Cilacap. Dia bercerita kalau Mangut di daerahnya sudah jarang ditemukan, karena saat ini agak susah untuk mendapatkan ikan dan bahan-bahannya, katanya masakan ini lebih banyak terdapat di daerah Pekalongan dibandingkan Cilacap.  Jika aku ada kesempatan untuk pergi ke daerah  Jawa tengah, makanan pertama yang ingin aku rasakan adalah mangut. Semakin tak sabar untuk mencicipi makanan yang satu ini. Rasa yang aku bayangkan mungkin tidak sebanding dengan rasa yang lidah aku rasakan nanti, pastinya lebih nikmat. Jika nanti kalian berkunjung ke daerah Jawa tengah jangan lupa untuk mencoba makanan ini ya.  :)

Jelajah Gizi 2
Gambar ini diambil dari:
allboutcook.blogspot.com
catatan-nina.blogspot.com