saya dan Lulu adalah dua backapcker gila yang ingin keliling indonesia untuk melihat keindahan alamnya serta keunikan kebudayaanya, dengan perjalanan yang murah, menyenangkan dan kami membagikan lewat blog dan video. semua itu dapat ditemukan di YULUTRIP Indonesia. ikuti cerita seru kami terus ya dan jangan lupa mampir ke blog kami ya di sini.

Saturday, 1 June 2013

Yuk, mengenal Rusia...




Dengan luasnya wilayah yang dimiliki oleh Rusia, serta kebudayaannya yang unik pastinya kita juga tertarik dengan berbagai karakteristik mereka. Terlebih dengan mindset kita yang berfikir Rusia itu dingin orang-orangnya, kejam bila kita melihat dari raut wajahnya serta teringat tentang masa lalu mereka yang komunis. Ternyata karakteristik masyarakat Rusia tidak seperti halnya yang kita fikirkan. Berikut beberapa hal menarik tentang masyarakat Rusia agar kita dapat semakin mengenal bangsa Rusia.
1.       Orang-orang Rusia sangat amat mencintai negaranya,
Walaupun Orang Rusia Sangat kritis pada negara dan pemerintahnya. Namun, di lubuk hatinya, orang Rusia sangat patriotik. jangan bersikap atau tutur kata yang mengagungkan nilai-nilai Barat (west is best syndrome) dalam berkomunikasi dengan orang Rusia serta jangan memberikan komentar negative tentang negaranya.
2.       Orang-orang Rusia sangat menghargai sejarah negaranya
Ya, Para ibu-ibu di Rusia, selalu menceritakan sejarah negaranya kepada anak-anak mereka. Hal itu dimaksudkan untuk menanamkan jiwa nasionalisme mereka kepada bangsa mereka.
3.       Orang-orang Rusia sangat mencintai dan bangga kepada kesenian dan kesustraan mereka.
Hal itu terbukti dengan adanya Bolshoi teatre yang di bangun sejak zaman sebelum uni soviet, dan orang-orang Rusia selalu menonton balet, drama, teatre di tempat itu. Dengan adanya monumen-monumen para sastrawan seperti Pushkin, itu sebagai tanda bahwa mereka sangat bangga akan kesustraan mereka serta mereka selalu membaca karya-karya sastrawan-sastrawan mereka.
4.       Mayoritas orang-orang Rusia tidak dapat berbahasa Inggris.
Oleh karena itu, perlu berhati-hati dalam memahami komunikasi yang terjalin dengan orang setempat. Rambu lalu lintas atau papan informasi lain umumnya berbahasa Rusia, sehingga penting bagi anda mempelajari bahasa Rusia.
5.       Orang-orang Rusia itu sangat Jujur (to the point).
Ada pepatah yang mengatakan tertawa dengan mata dan bibir. Orang-orang Rusia itu sangat jujur, bila mereka melihat seseorang itu baik, maka dia berkata orag tersebut benar-benar baik. Bila mereka memuji seseorang, maka pujian itu memang benar adanya, bukan hanya ntuk menyenangkan orang tersebut saja.
6.       Kebanyakan keluarga Rusia tinggal di flat (kwartira) satu atau dua kamar.
Flat-flat di pinggiran Moskow keadaannya suram dan membosankan, karena bentuk bangunan dan warnanya seragam. Koridor pintu masuk (podyez) flat umumnya gelap dan kotor, namun bila masuk ke dalam, keadaannya cukup baik dan bersih.
7.       Orang-orang Rusia sangat cepat dan disiplin
Orang-orang Rusia terkenal dengan tepat waktu, maka apabila kita bertemu dengan orang Rusia usahakan kita jangan terlambat, karena itu membuat orang Rusia sedikit marah. Bila anda bekerja dengan orang-orang Rusia, hendaknya cepat menyelesaikan pekerjaan karena mereka orang-orang yang cepat dan segala sesuatu harus sesuai dengan target.
8.       Saat menjamu tamu, orang Rusia menyajikan semua hidangan terbaik.
Hal tersebut bukan untuk pamer, tetapi benar-benar untuk menyenangkan tamu. Adalah tidak sopan menolak minum alkohol demi kesehatan. Minum adalah hal ritual di Rusia yang selalu dilanjutkan dengan obrolan panjang mengenai bebagai hal, politik sampai metafisik. Hanya saja, bila hubungan sudah dekat, orang Rusia kerap ”memaksa” minum dengan dalih demi kesehatan, demi persahabatan, demi orangtua atau negara masing-masing, dan berbagai ”demi” lain.
9.       Orang-orang Rusia sangat menjaga privasi mereka.
Bila anda bukan teman dekatnya, dilarang untuk memanggil nama mereka, tapi panggil lah dengan nama lengkap mereka. Bila ada orang Rusia yang meninggal, dan kita tidak mempunyai hubungan yang dekat hendaklah jangan datang untuk melayatnya apabila tidak diminta untuk datang, karena apabila kita langsung berkunjung maka itu di nilai tidak sopan oleh mereka.
10.   Tempat ngerumpi paling populer keluarga Rusia adalah di dapur.
Jangan kaget atau menolak bila anda diajak ngobrol di dapur (pamali atuh), karena ini berarti anda sudah dianggap sebagai teman dekat.
11.   Orang-orang Rusia jarang tersenyum dan tidak suka hal yang berisik.
Apabila kita melihat orang Rusia yang dengan tampang yang datar, atau apabila kita tersenyum dengan orang Rusia tetapi mereka tidak membalas, ketahuilah bahwa itu bukanlah mereka marah tetapi memang orang-orang Rusia jarang tersenyum karena cuaca mereka yang dingin, mereka hanya mau tersenyum apabila mereka sudah kenal dengan orang tersbut dan mereka tidak suka dengan hal-hal yang berisik, karena itu dinilai tidak menghargai orang lain. Apabila mereka sedang berbicara, hendaknya janganlah kita tersenyum karena itu akan membuat mereka tersinggung dan merasa dilecehkan.
12.   Saat berada di tengah publik, orang Rusia berusaha memberikan penampilan terbaik tanpa memandang penghasilan mereka.
 Sepatu dan pakaian mereka selalu bersih dan di Moskow kaum wanita berpakaian cukup modis. Orang Rusia juga relatif royal dan tidak sayang keluar uang.
13.   Bila ingin mengadakan pertemuan, pastikan mengkonfirmasi ulang pertemuan itu
Jika kita mengadakan pertemuan dengan orang Rusia hendaklah mengkonfirmasi ulang dan membawa serta nomor telpon darurat untuk berjaga-jaga bila ada masalah. Biasakan pula menggunakan kartu nama (vizitnaya kartocka). Selain itu, karena lalu lintas di Moskow cukup macet saat jam kerja sediakan waktu ekstra sebelumnya agar tidak terlambat.
14.   Dalam bercakap-cakap, orang Rusia gemar bermain kata (kata-kata bijak, pagovorka atau peribahasa, paslavitsa) dengan tujuan memperjelas suatu maksud atau untuk menasehati.

15.   Orang Rusia sangat percaya tahyul dan menganggap serius tahyul
Bila memberi hadiah bunga, pastikan jumlahnya ganjil (5,7 atau 9) karena bila genap, dianggap pemberian bagi orang mati atau kuburan; Jangan bersiul di dalam rumah atau kendaraan. Bila tidak, anda sulit untuk mendapat rezeki; Jangan bersalaman di anak tangga. Bila tidak anda akan berselisih dengan orang tersebut; Wanita dilarang duduk di pojok meja makan kalau tidak ingin menjadi perawan tua; bila melihat atau mendengar sesuatu yang tidak menyenangkan di Indonesia umumnya diucapkan, di Indonesia umumnya diucapkan ”Amit-amit jabang bayi”. Cara serupa diekspresikan orang Rusia dengan mengatakan ”Nye dai boh!” seraya menolehkan kepala ke kiri, mendecakkan mulut seperti meludah tiga kali dan mengetukkan jari ke permukaan
Itulah beberapa karakteristik masyarakat Rusia, semoga info ini bermanfaat :)



daftar pustaka